WISATA  

Pesta Rakyat Selayar Resmi Dibuka, Bangkit Pasca Pandemi

Selayar, Beranda.News- Pesta Rakyat Selayar 2022 di Pantai Sunari, Desa Pattikarya, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar resmi dibuka Oleh Wakil Bupati Selayar, Jumat 30/2/2022 sore

Acara Pesta Rakyat yang digelar secara sederhana diawali dengan tari rabbana persembahan Sanggar Seni Tanadoang.

Selain untuk melestarikan seni, budaya dan perkenalkan Hasil UMKM di Selayar, kegiatan ini juga dalam rangka memulihkan kembali ekonomi rakyat dan pariwisata yang sempat lumpuh akibat pandemi Covid-19.

Inisiator kegiatan pesta Rakyat, Dandim 1415 Selayar, Letkol. Kav. Adi Priatna menyampaikan bahwa kegiatan Pesta Rakyat Selayar di helat sebagai bentuk perhatian dan upaya memperkenalkan Selayar, sekaligus sebagai ajang silaturahim setelah sekian lama aktivitas kegiatan warga terbatasi adanya bencana non alam pandemi covid – 19.

” Jadi Pesta Rakyat Selayar digelar awalnya dari cerita- cerita di warkop, sambil menyeruput kopi susu muncul ide dan gagasan untuk mengadakan kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi dan perkenalkan wisata Selayar serta Produk UMKM

“Inisiatornya itu, Saya Kapolres , Damposal TNI AL, Kepal BRI Cabang Selayar, Pemerintah Kabupaten dan Pengelola Sunari Beach Hotel.Ucap Dandim 1415 Letkol. Kav. Adi Priatna dalam sambutannya

Lanjut Dandim, ia berharap kegiatan yang dilaksanakan, manfaatnya bisa dirasakan masyarakat, Baik sebagai hiburan maupun membantu pendapatan warga.

” Insya Allah pesta rakyat ini akan berkelanjutan, kita akan adakan tiap tahun, karena kegiatan disambut Antusias Warga.Katanya

Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif menyampaikan apresiasi atas terlaksananya Pesta Rakyat Selayar 2022 dan berharap agar kedepannya seluruh elemen di Selayar dapat bersama sama bahu membahu melaksanakan kegiatan positif yang mampu mengangkat nama Kabupaten Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan.

” Saya apresiasi kegiatan ini, sangat positif dan mengangkat nama Kabupaten Selayar, Insya allah kedepan kita akan laksanakan yang lebih besar lagi. makasih pak Dandim dan pak Kapolres, mau menjadi inisiator, Motivator dan propokator sehingga agenda luar biasa ini bisa terlaksana. Ujar H. Saiful Arif dengan canda.

Pembukaan Pesta Rakyat Selayar dihadiri sejumlah pejabat daerah, diantaranya Wakil Bupati, Ketua Dprd, Dandim 1415, Kapolres, Kejari dan Ketua Pengadilan, Kadis Pariwisata, Kadis Pemdes,Camat dan sejumlah pimpinan BUMN dan BUMD.

Kegiatan Pesta Rakyat Selayar yang akan digelar selama 2 hari yakni 30 September hingga 02 Oktober 2022.

Sekedar diketahui, Kegiatan Pesta Rakyat ini, Diantaranya, Lomba Islamic, Lomba Busana Adat, Lomba fashion, lomba seni, Lomba Dongga, serta Bersihkan pantai, Ubah Sampah plastik jadi kerajinan.

Sedangkan Puncak acara pesta Rakyat yaitu Bakar Ikan Massal yang akan Dilaksanakan hari Sabtu 01 Oktober 2022 dimulai Pkl 16.00 Wita, dengan target panjang Sekitar 1 KM dan Peserta 1000-3000 orang, ini ditargetkan akan menjadi rekor terpanjang bakar ikan di Indonesia.