Internalisasi Budaya Kerja, BKKBN Sulsel Gelar ” Capacity Building” Untuk Penurunan Stunting

Beranda, News- Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar kegiatan peningkatan kapasitas pegawai dalam rangka mendukung pencapaian sasaran target Program Bangga Kencana dan upaya Percepatan Penurunan Stunting, Rabu (28/12/22)

Bertempat di Grand Town Hotel Maros, kegiatan ini diikuti sebanyak 116 peserta terdiri dari ASN, Tenaga Kontrak BKKBN Sulsel dan Forum Genre Sulsel.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan, Dra. Andi Ritamariani, M.Pd mengatakan kegiatan ini sangat strategis untuk meningkatkan motivasi dan semangat kerja pegawai sekaligus membangun kerjasama antar pegawai dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sehari-hari.

“Kita berharap lewat kegiatan ini bisa membangun semangat kerjasama dan kekompakan antar pegawai sehingga bisa mendukung pelaksanaan Program Bangga Kencana dan pencapaian sasaran target Percepatan Penurunan Stunting” harap Andi Rita

Selain itu, lanjut Andi Rita kegiatan ini sebagai upaya menginternalisasikan budaya kerja yang dianut oleh BKKBN yaitu Kerja tuntas, Responsif dan Nilai luhur yang disingkat KRN.

“Dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai ASN BKKBN, kita harus menjalin kerjasama antar pegawai dengan menerap nilai kerja BKKBN yaitu KRN” ujar Andi Rita.

Disebutkan ada beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang ASN yaitu memiliki Integritas, mampu bekerjasama, aktif membangun komunikasi, berorientasi pada hasil.

“Budaya kerja yang dianut BKKBN memiliki makna dan tujuan besar, bagaimana membangun profesionalitas dan integritas pegawai dalam bekerja” ujar Andi Rita

Tambah dia, pelayanan publik yang prima, pengembangan diri dan orang lain, mampu mengelola dan beradaptasi dengan perubahan, pengambilan keputusan dan perekat bangsa.

Sementara itu, Sub Koordinator Hubungan Antar Lembaga dan Bina Lini Lapangan BKKBN Sulsel, Ririn Savitri, S.Sos dalam laporannya menyampaikan kegiatan peningkatan kapasitas ini difasilitasi oleh TIM MSI Training Center yang akan memberikan penguatan baik dari segi intelegensi, emosional dan spiritual.

“Selain dari tim MSI pelaksanaan kegiatan ini akan dipadukan dengan pembinaan pegawai dalam rangka persiapan pelaksanaan program bangga kencana tahun 2023 ” ucap Ririn

Ririn menambahkan selain membangun semangat budaya kerja BKKBN, kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan semangat kekeluargaan antar pegawai.

SDM memegang peranan penting dalam laju organisasi termasuk di BKKBN, SDM yang handal akan mempermudah organisasi dalam pencapaian tujuan dan target-target kinerjanya.

“Untuk dapat menjadi SDM yang handal maka SDM harus memenuhi standar kompetensi ASN sesuai dengan apa yang tertuang dalam Perban No 38 tahun 2017 tentang Standar Kompentesi Jabatan ASN” ungkap Ririn

Dalam kegiatan ini diserahkan pula SK dan cendramata bagi Pegawai yang memasuki masa Purnabakti.

Loading