EKOBIS  

Inovatif, Mahasiswa KKNT UMB Buat Produk Briket Arang Dan Mineral Blok

Bulukumba, Beranda.News-Briket Arang merupakan bahan bakar yang kini mendapatkan perhatian pasar internasional, dengan manfaatnya yang beragam mampu mendapat nilai ekonomis tersendiri.

Sedangkan untuk mineral blok adalah suatu pakan dengan bentuk unik menyerupai tembakau bermanfaat sebagai suplemen bagi ternak sapi, dan juga memiliki nilai ekonomis.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Terpadu (KKNT) Universitas Muhammadiyah Bulukumba (UMB) dengan kemampuan nya berinovasi membuat arang briket dan mineral blok

Tempurung kelapa dan dedak yang melimpah di desa Bukit Harapan, diangga oleh mahasiswa sebagai peluang untuk kebutuhan domestik dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Arang Briket dan Mineral blok termasuk sesuatu yang baru bagi masyarakat desa Bukit Harapan.

Sebanyak tujuh Mahasiswa KKN Tematik Fakultas Sains Universitas Muhammadiyah Bulukumba memberikan pelatihan pembuatan arang briket dan mineral blok dari tempurung kelapa dan dedak kepada masyarakat Desa Bukit Harapan. Ketujuh mahasiswa tersebut berasal dari program studi Kimia, Aktuaria dan Peternakan.

Sharman selaku Koordinator Desa dan Mahasiswa Prodi Peternakan melihat sumber daya melimpah pada saat survey di desa Bukit Harapan.

“Pada saat survey, saya melihat banyak sekali warga yang punya usaha jual beli kelapa, dan tempurung kelapa hanya dijadikan limbah begitu pun dengan dedak,” ungkap Jumat 27 Januari 2023

Sementara Untuk dedaknya, kata Alfaizah Mahasiswa Prodi Peternakan , dengan lahan persawahan yang luas, dapat dijadikan sebagai mineral blok yang bermanfaat untuk ternak sapi warga.

Selain itu, kata Andi Qirani dan Rina Sari Indah mahasiswa prodi Kimia mengatakan briket arang memiliki nilai jual yang tinggi ketika diolah dengan benar dan memiliki alat yang memadai.

Senada dengan Muainul Khaer, Fadiah, serta Reski mahasiswa Prodi Aktuaria, mengatakan pemberian pengetahuan pengemasan dan pelabelan produk sangat penting untuk menembus pasar. Karena ada beberapa standar pasar yang harus diikuti.

Pelatihan pembuatan briket arang dan mineral blok ini mendapat apresiasi dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Ibu Sulma, S.Si.,M.Si.

“Pembuatan briket arang dan pakan ternak adalah bagian dari proker KKN Mahasiswa kami di Desa Bukit Harapan. Briket arang yang merupakan bahan bakar alternatif mempunyai potensi bisnis yang menjanjikan, begitupun dengan pengolahan pakan ternak,” kata Sulma yang juga Alumni Universitas Hasanuddin ini.

Kepala Desa Bukit Harapan, Asbar mengatakan terus mendukung dengan adanya program kerja Mahasiswa KKNT UMB di desa Bukit Harapan.

“Kami terus mendukung apa yang menjadi proker mahasiswa KKN, apalagi berkaitan dengan pengelolaan sumberdaya alam yang bermanfaat untuk masyarakat,” ungkap Asbar.