Setelah Diluncurkan Bupati Andi Utta, Warga Bisa Urus Adminduk di Desa dan Kelurahan

Bulukumba,Beranda News– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba, melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) meluncurkan loket layanan administrasi kependudukan (adminduk) di 41 Desa dan 5 Kelurahan.

Loket layanan adminduk di Desa/Kelurahan ini, diluncurkan langsung oleh Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf di Pendopo Rujab Bupati Bulukumba, Rabu, 21 Juni 2023.

Kepala Dinas Dukcapil Bulukumba, Dedi Rahmadi menjelaskan bahwa loket layanan adminduk Desa/Kelurahan terkoneksi langsung dengan aplikasi dan domain pemerintah daerah.

“Aplikasi di desa adalah aplikasi penginputan. Aplikasi ini, merupakan sumbangsih dari pihak perbankan,” katanya.

Dedi Rahmadi menguraikan sistemnya ketika ada yang bermohon, maka petugas desa pun menginput, lalu diverifikasi oleh operator kecamatan.

Sehingga jika berkasnya benar dan lengkap, kata mantan Camat Bonto Bahari tersebut, maka akan diteruskan ke operator di Kabupaten untuk segera diproses.

“Setelah selesai, maka dokumen itu kembali lagi ke desa melalui aplikasi tersebut. Jadi bisa langsung dicetak di desa,” jelasnya.

Tak hanya loket layanan adminduk, Disdukcapil Bulukumba juga meluncurkan perekaman KTP di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Bulukumpa dan Kindang.

Menurut Dedi Rahmadi, setelah peluncuran perekaman KTP di Kecamatan, langkah selanjutnya adalah proses maintainance dulu agar bisa lebih optimal.

“Jadi kita ujicoba dulu. Jangan sampai error. Namanya peralatan seperti ini kan, butuh waktu untuk penyesuaian, tapi dalam waktu yang tidak terlalu lama. Paling tidak, sudah bisa di awal-awal Juli” katanya.

Ia mengemukakan bahwa target RPJMD memang mendekatkan pelayanan adminduk ke masing-masing Kecamatan. Hanya saja, Bupati menginstruksikan agar pelayanan lebih dekat lagi ke Desa dan Kelurahan.

“Instruksi pimpinan harus bekerja cepat, jangan terlalu banyak mengeluh dengan peralatan. Sehingga, kita sama-sama mengedepankan pelayanan ke masyarakat,” ujar Dedi Rahmadi.

Camat Kindang, Andi Muh Arfah menyampaikan apresiasi atas langkah Disdukcapil dalam memudahkan dan mendekatkan pelayanan ke masyarakat.

“Khusus di Kindang, memang sangat jauh jaraknya ke Kota di Kantor Disdukcapil. Alhamdulillah tahun ini, Kindang bisa mendapatkan alat perekaman KTP,” imbuhnya.

Sementara, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf meminta jajarannya hingga Lurah dan Kepala Desa untuk memudahkan pelayanan ke masyarakat.

Kata Bupati yang akrab disapa Andi Utta, tak ada alasan jadi kendala berbuat untuk kepentingan masyarakat. Apalagi, hanya dengan alasan peralatan komputer di Desa atau Kelurahan.

“Setelah peluncuran ini, tidak ada lagi alasan komputer rusak. Tahun 2023 ini hanya beberapa desa, tapi ke depan di tahun 2024 harus maksimal,” imbuhnya.

Berikut nama-nama Desa/Kelurahan di 10 Kecamatan yang loket layanan adminduk diluncurkan:

GANTARANG:
1. Desa Benteng Gantarang
2. Desa Taccorong
3. Desa Benteng Malewang
4. Desa Dampang
5. Desa Bukit Tinggi
6. Desa Polewali

UJUNG BULU:
1. Kelurahan Ela-ela

UJUNG LOE:
1. Desa Tamatto
2. Desa Paccarammengang
3. Desa Padangloang
4. Desa Manyampa
5. Desa Balleanging
6.Desa Lorong
7. Desa Bijawang
8. Desa Garanta
9. Desa Seppang
10. Desa Balong

BONTO BAHARI:
1. Desa Bira
2. Kelurahan Sapolohe
3. Desa Ara

BONTOTIRO:
1. Desa Tamalanrea
2. Desa Dwitiro

BULUKUMPA:
1. Desa Bulo-bulo
2. Desa Kambuno
3. Desa Barugae
4. Desa Barugariattang
5. Desa Sapobonto
6. Desa Jojjolo
7. Desa Bonto Bulaeng

KAJANG:
1.Desa Bontorannu
2. Kelurahan Laikang
3. Kelurahan Tanah Jaya

KINDANG:
1. Desa Benteng Palioi
2. Desa Balibo
3. Desa Orogading
4. Desa Tamaona

HERLANG:
1. Desa Tugondeng
2. Desa Gunturu
3. Desa Singa
4. Desa Pataro
5. Desa Karassing

RILAU ALE:
1.Desa Bontobangun
2. Desa Anrang
3. Kelurahan Palampang
4. Desa Tanah Harapan