Kadisparpora Ajak KNPI Sebagai Mitra Strategis Memajukan Bulukumba

Bulukumba, Beranda.News– Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Kadisparpora) Bulukumba, Ferryawan Fahmi berbicara di hadapan 50 pengurus KNPI Bulukumba. Ia mengajak pengurus KNPI untuk ambil peran memajukan Bulukumba.

“Kami harap KNPI bisa bersinergi secara baik dengan pemerintah daerah. Mari berikan karya nyata,” kata Ferryawan Fahmi, saat sambutannya pada pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD KNPI Bulukumba di Gedung PKK, Sabtu (25/6/2024).

Ferryawan Fahmi meminta KNPI Bulukumba agar memformulasikan program-program kerja bersifat jangka pendek, jangka panjang dan jangka menengah. Kemudian, tidak apa-apa melakukan kritik tapi sifatnya membangun karena ada solusi yang ditawarkan.

“KNPI kan mitra kritis dan mitra strategis pemerintah daerah. Mudah-mudahan ke depan, KNPI lebih bisa berdampingan dengan pemerintah daerah,” katanya.

Ferryawan yang mengaku baru menjabat sekira 3 pekan sebagai Kadisparpora Bulukumba, lebih dalam mengungkap prestasi kepemimpinan Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf bersama Wakil Bupati Andi Edy Manaf.

“Alhamdulillah, baru sekitar dua tahun pemerintahan Pak Bupati berjalan, sudah banyak kerja nyata. Seperti Gedung Satu Atap, Pantai Merpati, hingga pembagian puluhan ribu bibit unggul kepada masyarakat,” jelasnya.

Di bidang olahraga, kata Ferryawan, Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf sukses menggelar Bupati Cup 1 dengan menggandeng Askab PSSI Bulukumba sebagai pelaksana teknis.

“Bupati Cup 1 pembiayaan pribadi Pak Bupati. Selanjutnya Bulukumba sukses menjadi tuan rumah Porprov Sulsel tahun lalu,” jelasnya.

“Semua ini adalah bukti sekaligus komitmen Pak Bupati untuk membawa Bulukumba maju dan sejahtera,” sambung Ferryawan Fahmi.

Rakerda pengurus DPD KNPI Bulukumba periode 2023-2026, dibuka oleh Lili Hartono, yang mewakili Ketua DPD KNPI Sulsel. Eks Ketua Umum HMI Cabang Bulukumba tersebut, mengajak pengurus KNPI untuk terus berkarya.

“Sejatinya Pak Ketua (Andi Surahman Batara) ingin sekali membuka Rakerda ini. Tapi beliau punya kegiatan yang tak kalah pentingnya,” katanya.

Lili berharap KNPI Bulukumba, dapat menjadi mitra yang baik bagi pemerintah daerah. Apalagi, katanya, Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf dikenal terbuka dalam menerima masukan dan karya.

“Saya meliat Pak Bupati Bulukumba, punya wawasan yang luas dalam memajukan daerah. Wawasannya mengglobal, karena meliat langsung kondisi negara-negara maju,” ujarnya, kemudian membuka Rakerda.

Sementara, Ketua DPD KNPI Bulukumba, Rais menyinggung 2 poin penting menyolidkan KNPI untuk berkarya demi kemajuan Bumi Panritalopi. Tema Rakerda Pemuda Berkarya Bulukumba Maju, harus diawali dengan soliditas sesama pengurus.

“Pertama, tidak boleh ada konflik internal. Bagaimanapun baiknya program, kalau konflik internal dipelihara, maka akan sulit juga. Kedua, tidak boleh ada ego sektoral di masing-masing bidang,” imbuhnya.

Pemuda yang berprofesi sebagai advokat ini, memberikan kemerdekaan bagi pengurus untuk berinovasi. Ia mengaku tak akan mengintervensi bidang-bidang yang ada di KNPI, justru disupport jika terjadi kendala di lapangan.

“Saya hanya memantau saja pergerakan kawan-kawan. Saya serahkan sepenuhnya ke masing-masing bidang, sinkronkan dengan visi misi Bupati,” kata Rais.

Rais menegaskan agar program yang dirancang tak perlu banyak-banyak, tapi harus memastikan punya azas manfaat. Ia juga meminta pengurusnya untuk mampu menunjukkan eksistensi KNPI di tengah-tengah masyarakat.

“Sebagai contoh di kampung saya, masyarakat masih kurang yang tahu apa itu KNPI. Nah, ini yang harus kita jawab. Kita harus perlihatkan bahwa KNPI punya peran besar dalam kemajuan masyarakat,” tukasnya.

Loading