Luar Biasa, Desa Sopa Pertama Salurkan BLT-DD di Bulukumba

BULUKUMBA,BERANDA.News – Pemerintah Desa Sopa, Kecamatan Kindang, menjadi Desa pertama menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap 1 di tahun 2021 di antara 109 yang ada di Kabupaten Bulukumba ,Kamis (28/01/2021).

Sebagai Desa yang tercepat menyalurkan BLT, Hal tersebut mendapat apresiasi dari kabid Pemerintah desa (Pemdes)  Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa (DPMD) Bulukumba A.Mappatundru.

Sebab, untuk berada pada posisi pertama pencairan dan penyaluran BLT tidaklah semudah membalikkan tangan, Butuh penyelesaian dokumen- Dokumen, yang tentunya menguras fikiran dan tenaga. seperti Dokumen RKPDes, APBDes, Daftar penerima BLT, Perkades BLT dan Dokumen Syarat pencairan. serta adanya kerjasama yang baik antara Pemdes dan BPD.

Terbukti, dari 109 Desa Hanya 45 Desa yang masuk dalam daftar tahap pertama penerima transfer Dana Desa 40% dan itupun desa yang masuk tahap pertama tidak secepat Desa sopa penyaluran BLT, diantaranya faktor adanya dokumen yang belum lengkap.

Kepala Desa Sopa Saleh, SKM mengatakan, alhamdulillah Desa Sopa pertama menyalurkan BLT tahap pertama di Bulukumba Tahun 2021.

“Saya berterima kasih kepada perangkat Desa dan BPD atas kerjasamanya sehingga desa kami menjadi pertama menyalurkan BLT Di Kabupaten bulukumba.Katanya dengan nada bahagia.kamis 28/01/2020.

Kades dua periode ini menjelaskan, Bantuan tunai yang diberikan kepada warga tidak mampu di Desanya untuk membantu kebutuhan sehari hari para penerima ditengah wabah virus Corona (Covid-19) Bencana non alam.

Sebelumnya, Kata dia, penerima yang terdaftar menerima BLT itu Melalui verifikasi musyawarah desa, Validasi hingga Finalisasi Penetapan Penerima BLT Dana Desa. Benar benar warga yang tidak mampu. dimana dari hasil penjaringan hanya  4 KK warga yang berhak menerima Uang Tunai RP.300.000/KK setiap bulan selama satu tahun lamanya. Jelas Saleh.

Harapannya, Semoga bantuan yang diberikan kepada para penerima bisa dimanfaatkan sebaik baik mungkin, untuk kebutuhan sehari hari keluarganya. Pintah Saleh (Dirman)

Loading