Mendagri: Gelaran 10 Juta Bendera di Bulukumba Dorong Pertumbuhan Ekonomi UMKM

Bulukumba, Beranda.News– Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian memberikan apresiasi atas Gelaran Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Kabupaten Bulukumba. Dengan adanya acara ini, perekonomian di Bulukumba, terutama sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), mengalami pertumbuhan.

“Masyarakat yang mendapat manfaat pasti banyak. Baik pihak penyelenggara acara dan semua yang terlibat di dalamnya, termasuk penari yang mengenakan kostum-kostum, pasti UMKM yang menyediakan kostum juga mendapatkan keuntungan,” kata Mendagri pada acara tersebut di Lapangan Hitam, Kawasan Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan, Jumat 11 Agustus 2023.

Mendagri menjelaskan bahwa pertumbuhan perekonomian ini berdampak positif tidak hanya untuk Kabupaten Bulukumba, tetapi juga bagi daerah sekitarnya. Contohnya adalah produksi bendera merah putih yang banyak dipesan untuk mendukung Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Bulukumba. Selain itu, selama acara berlangsung, permintaan akan penginapan, restoran, dan transportasi juga mengalami peningkatan.

“Semoga ini dapat membantu menekan inflasi di wilayah Bulukumba, ini memiliki nilai ekonomi yang positif,” tambahnya.

Mendagri lebih lanjut mengatakan bahwa pemerintah pusat saat ini serius dalam mengendalikan inflasi. Berbagai upaya telah dilakukan, dan tren inflasi Indonesia terus positif. Berdasarkan data dari tradingeconomics.com pada 1 Agustus 2023, tingkat inflasi Indonesia mencapai 3,08 persen.

“Angka 3,08 persen ini sangat baik, di bawah 10 persen sudah baik, dan di bawah 5 persen sangat bagus. Angka inflasi 3 persen menunjukkan bahwa harga barang-barang pokok tersedia dengan baik dan terjangkau,” jelasnya.

Di depan ribuan masyarakat yang memadati acara, Mendagri mengajak semua pihak untuk terus memupuk rasa kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Hal ini karena Indonesia telah diakui oleh negara-negara lain, termasuk G7, karena mampu pulih dari pandemi Covid-19 dan mengendalikan inflasi.

“Setelah pandemi, pertumbuhan ekonomi kita melampaui 5 persen, dan saat ini pertumbuhan ekonomi mencapai 5,17 persen, salah satu yang tertinggi di dunia,” tambahnya.

Sebelum acara dimulai, Mendagri disambut dengan tarian adat Bulukumba dan pertunjukan budaya lainnya. Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Mendagri juga memberikan bantuan peralatan olahraga kepada beberapa perwakilan olahragawan yang hadir.

Loading