Baznas Bulukumba Meriahkan HUT RI ke-78 dengan Ekspedisi Kemerdekaan

Bulukumba, Beranda.Newa– Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-78, Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bulukumba mengadakan Ekspedisi Kemerdekaan di Desa Tibona, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, pada Sabtu (19/8/2023).

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Bupati, Pimpinan BAZNAS Bulukumba, Dewan Pengawas, Polsek, dan Danramil Bulukumpa, serta Kabag KESRA.

Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan oleh Bupati Bulukumba, diikuti oleh pemeriksaan kesehatan gratis oleh tim medis dari Puskesmas Tanete. Selain itu, juga dilakukan pembagian paket gizi untuk mengatasi stunting pada anak-anak di wilayah tersebut. Lansia juga mendapatkan perhatian melalui paket sembako khusus.

Bantuan Z-Mart diberikan kepada mustahik dalam kegiatan ini, berupa barang-barang kebutuhan pokok, dengan tujuan meningkatkan pendapatan keluarga.

Ekspedisi Kemerdekaan juga mendukung pendidikan dan ekonomi, dengan memberikan bantuan mesin jahit kepada masyarakat yang tertarik menjahit sebagai usaha mandiri. Program pendidikan dan pelatihan juga diberikan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat setempat.

Kepala Desa Tibona, Abdullah, dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah dan BAZNAS atas pemilihan Desa Tibona sebagai lokasi kegiatan ini. Masyarakat desa sangat antusias melihat banyaknya yang hadir pada pagi hari.

“Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih yang besar kepada pemerintah daerah dan BAZNAS atas pemilihan Desa Tibona sebagai lokasi kegiatan Ekspedisi Kemerdekaan ini. Kami melihat dengan langsung bahwa masyarakat yang hadir sangat antusias dengan adanya kegiatan di Desa Tibona,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Bulukumba, H. Kamaruddin Hambali, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten yang terus mendorong dan memberikan apresiasi terhadap setiap kegiatan Baznas Bulukumba.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Bulukumba, H. A. Muchtar Ali Yusuf, dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas pelaksanaan acara ini, serta memberikan penghargaan yang sangat tinggi kepada Baznas yang selalu hadir untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.

“Saya, atas nama pemerintah Bulukumba, ingin mengucapkan rasa terima kasih, apresiasi, serta penghargaan yang sangat tinggi atas peran Baznas yang selalu hadir untuk membantu masyarakat yang kurang mampu,” ungkapnya.

Andi utta berharap agar kinerja baznas kabupaten Bulukumba semakin progresif dangan memberi solusi dan manfaat yang sebesar besarnya kepada masyarakat Bulukumba.

“Andi Utta berharap agar kinerja Baznas Kabupaten Bulukumba semakin progresif dengan memberikan solusi dan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Bulukumba.

Selanjutnya, Bupati Bulukumba mengharapkan agar masyarakat tidak selalu harus bergantung pada bantuan pemerintah dan Baznas. Sebaliknya, bagaimana caranya mencari solusi untuk perbaikan dan peningkatan ekonomi masyarakat dengan memaksimalkan potensi sumber daya alam, contohnya dalam sektor pertanian melalui penggunaan bibit unggul.

“Namun tentu kita berharap agar masyarakat tidak selalu tergantung pada bantuan pemerintah dan Baznas. Lebih penting bagaimana mereka dapat mencari solusi untuk memperbaiki dan meningkatkan ekonomi melalui pemanfaatan potensi sumber daya alam, seperti dalam sektor pertanian dengan menggunakan bibit unggul,” tutupnya.

Penting untuk dicatat bahwa dalam kegiatan ini, pelatihan Penyelenggaraan jenazah bagi majelis taklim yang bermartabat juga menjadi fokus utama. Tim yang terlatih dan berpengalaman diarahkan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada keluarga yang mengalami kehilangan anggota keluarga mereka.