Karyawan PT. Cahaya Anugrah Plantation Gelar Pertemuan dan Ancam Aksi Mogok Demi Tuntutan Hak-haknya

Kalimantan,Beranda.News – Karyawan PT. Cahaya Anugrah Plantation (CAP) yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit telah menggelar pertemuan penting di Desa Sabintulung, Afdeling 5, Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Pertemuan ini memiliki tujuan penting, yaitu menuntut hak-hak mereka yang dianggap tidak terpenuhi oleh perusahaan

Dalam pertemuan ini, Serikat Pekerja Perkebunan (SPP) yang dipimpin oleh ketua mereka, Inra, memaparkan sejumlah alasan yang mendorong karyawan untuk melakukan aksi mogok.

Mereka mengklaim bahwa PT. Cahaya Anugrah Plantation tidak memenuhi beberapa hak normatif karyawan sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan.

Inra menjelaskan bahwa aksi mogok yang akan dilakukan harus mengikuti aturan hukum yang berlaku, sesuai dengan surat pernyataan dan perundang-undangan ketenagakerjaan. Artinya, aksi mogok yang akan mereka lakukan nantinya akan berlangsung secara sah, tertib, dan damai.

Terdapat 10 poin utama dalam tuntutan hak karyawan yang akan menjadi dasar aksi mogok tersebut. Beberapa di antaranya mencakup penghargaan masa kerja, hak cuti besar setiap tahun, bonus akhir tahun, pengadaan kendaraan ambulance, pengadaan kendaraan sekolah, susu untuk karyawan perawatan somprok, pengadaan alat panen, dan pengadaan air bersih sesuai aturan ISPO. Selain itu, tuntutan termasuk perubahan basis borongan setiap tahun dan baju seragam untuk karyawan panen.

Sementara itu, Wakil Ketua Serikat Pekerja Perkebunan (SPP), Doni, menegaskan bahwa aksi mogok yang akan mereka lakukan akan berjalan sesuai tata tertib yang telah diatur dalam perundang-undangan. Mereka tidak akan melakukan tindakan anarkis atau pelanggaran selama mogok. Doni juga menyatakan bahwa SPP adalah organisasi independen yang tidak terkait dengan agenda politik apa pun. Fokus mereka adalah melindungi hak-hak karyawan PT. Cahaya Anugrah Plantation.

“Jadi Serikat perkerja perkebunan(SPP) ini di bentuk secara independen tanpa ada kaitannya dengan politik, hanya memperjuangkan hak hak karyawan.Katanya

Titik aksi mogok akan berlangsung di area pabrik kelapa sawit/Crude Palm Oil di Afdeling 2 – 3 PT. Cahaya Anugrah Plantation.

Namun, tanggal pasti pelaksanaan aksi mogok belum ditentukan. Karyawan yang terlibat dalam mogok diharapkan untuk tetap disiplin dan tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan dalam penetapan aksi mogok.

“Titik aksi mogok berlansung di area pabrik kelapa sawit/Crude Palm Oil PT. Cahaya Anugrah Plantation Afdeling 2 – 3. Aksi mogok tersebut. Belum di tentukan hari dan tanggal pelaksanaannya

 

Loading