Magelang, Pusat Bibit Unggul Berkualitas, Menjadi Pilihan Kunjungan Pemerintah Desa Bulukumba

Beranda.News-Beberapa kepala desa dan perangkat desa di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, baru-baru ini melakukan kunjungan ke Desa Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan studi tiru dan melihat secara langsung proses pembibitan bibit unggul.

Salah satu destinasi yang dikunjungi adalah Balai Penangkaran Bibit PPI Salaman dan CV Mitra Tani Salaman, sebuah perusahaan pengadaan bibit unggul yang fokus pada perkebunan alpukat, lengkeng, dan durian, serta bibit lainnya.

Pemerintah Desa memilih CV Mitra Tani Salaman sebagai salah satu destinasi kunjungan karena dianggap memiliki legalitas yang terjamin, telah resmi terdaftar dengan dokumen lengkap yang dikeluarkan oleh BPSB Jawa Tengah.

Selain berkunjung ke balai dan perusahaan penangkaran bibit, peserta kunjungan juga diajak melihat langsung perkebunan lengkeng, alpukat, dan durian.

Hal itu diungkapkan oleh salah satu peserta kunjungan, yakni perangkat Desa Gattareng bernama Dirga, yang menyebut memilih Balai PPI dan CV Mitra Tani Salaman di Kabupaten Magelang sebagai lokus kunjungan karena dianggap terkenal sebagai pusat penangkaran bibit dan penghasil bibit unggul.

“Perjalanan kunjungan kami ke Magelang, Jawa Tengah, dalam rangka studi tiru untuk melihat langsung bibit unggul dan tempat penangkaran. Kami juga belajar cara pembibitan, stek bibit, dan perawatan agar memiliki referensi dalam pengadaan bibit unggul serta pengetahuan cara merawatnya untuk diajarkan kepada masyarakat yang menerima bibit nantinya,” ungkap Dirga, Kamis 29 November 2023 kepada media ini.

Pada kunjungan itu, peserta kunjungan dapat menyaksikan proses pembibitan, penangkaran bibit, serta cara stek dan perawatan bibit oleh balai dan pihak CV. Mitra Tani Salaman serta pemerintah Desa Salaman.

Dalam acara kunjungan itu juga, balai, perusahaan, dan pemerintah desa Salaman memberikan materi terkait pembibitan dan cara perawatan. Diskusi pun dilakukan bersama peserta kunjungan, menciptakan forum untuk bertukar informasi dan pengalaman.

“Kami di sana, sebelum diajari praktek, pihak balai dan perusahaan menyampaikan materi dan melakukan diskusi terkait pembibitan, perawatan, dan cara memilih jenis bibit unggul,” katanya.

Tujuan dari kunjungan ini adalah memberikan referensi kepada pemerintah desa dalam penanganan ketahanan pangan, khususnya dalam pengadaan bibit unggul. Dengan melihat secara langsung proses di PPI Salaman dan CV Mitra Tani Salaman, diharapkan pemerintah desa dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam memilih perusahaan dan bibit unggul untuk pembangunan pertanian di daerah mereka.

Loading