Inovasi Terbaru: Lintasan Ujian SIM C Kini Lebih User-Friendly

Bulukumba, Beranda.News- Satuan Lalu Lintas Polres Bulukumba Polda Sulsel telah secara resmi mengubah lintasan ujian Praktik, yang merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan surat izin mengemudi (SIM C) bagi pengendara sepeda motor.

Lintasan ujian praktik baru ini sekarang memiliki bentuk huruf S, berbeda dengan sebelumnya yang membentuk angka 8 dan zig-zag. Perubahan ini telah diterapkan di seluruh Indonesia.

Masyarakat memberikan tanggapan dan respon positif terhadap perubahan ini. Seorang pemohon SIM C, seorang Ibu rumah tangga, yang mengikuti ujian praktik menggunakan sepeda motor, mengatakan bahwa lintasan baru ini cukup mudah dibandingkan dengan sebelumnya.

“Alhamdulillah, Ujian Praktik lintasan untuk roda dua, sekarang lebih mudah dibandingkan yang lama, Terimakasih Bapak Kapolri.” Tuturnya

Kasat lantas Polres Bulukumba IPTU Muhammad Idris,S.Sos menyampaikan bahwa perubahan alih bentuk ini telah resmi diberlakukan di seluruh Indonesia pada Senin 7 Agustus 2023 oleh Korlantas Polri.

“Jadi perubahan ini, sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat, untuk lebih memudahkan para pemohon mengikuti ujian praktik sebagai persyaratan untuk mendapatkan SIM C.” Tuturnya Senin (14/8/2023)

Menurut IPTU Muhammad Idris yang baru Minggu lalu menjabat sebagai Kasat lantas ini, mengatakan diberlakukan lintasan baru ini dapat dengan mudah dilalui oleh pemohon dan tingkat kelulusan dari ujian ini sangat tinggi.

Berikut ini detail perubahan sirkuit atau lintasan ujian praktik tersebut:

1. Perubahan lintasan menjadi sebuah sirkuit yang mengakomodir 4 materi ujian praktik dengan ukuran yang sudah diperlebar dan tanpa materi Zigzag test atau slalom test;

2. Uji membentuk angka 8 digantikan dengan uji membentuk huruf S;

3. Untuk ukuran lebar lintasan diperlebar dari ukuran lama 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan.