Peristiwa Bersejarah: UIN Alauddin Makassar Jadi Tuan Rumah Temilnas XXII, Ciptakan Jejak di Indonesia Timur

Bulukumba, Beranda.News– TEMILNAS, sebuah agenda tahunan yang menjadi tonggak besar dalam Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI), kembali memperkokoh kerja sama dan pemahaman Ekonomi Islam untuk mewujudkan Indonesia sejahtera dan mandiri. Setelah diadakan di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta tahun lalu, kini giliran UIN Alauddin Makassar menjadi tuan rumah untuk TEMILNAS XXII 2023.

Dengan tema “Penguatan Ekosistem Digital dan Halal Value Chain Demi Mewujudkan Indonesia sebagai Pusat Ekonomi Islam Dunia,” TEMILNAS tahun ini menorehkan sejarah sebagai acara pertama di Indonesia Timur. KSEI FORKEIS UIN Alauddin Makassar bertanggung jawab sebagai tuan rumah pada ajang prestisius ini.

TEMILNAS yang dijadwalkan berlangsung dari 23 hingga 26 Agustus akan menghadirkan 13 kegiatan menarik, termasuk seminar internasional, Olimpiade Ekonomi Islam, lomba karya tulis ilmiah, lomba rencana bisnis syariah, lomba pembuatan film pendek, diskusi kelompok fokus, klinik pembinaan, diskusi nasional, pameran UMKM, acara hiburan malam, perjalanan lapangan, makan malam gala, dan penyerahan penghargaan.

Antusiasme meluas dengan hadirnya ratusan peserta dari berbagai penjuru Indonesia. Sebagai inisiatif pertama di Indonesia Timur, TEMILNAS telah berhasil menarik perhatian Walikota Makassar, Bpk. Ramdhan Pomanto. Pada kunjungan dari Badan Pengurus Harian Forum Kajian Ekonomi Syariah (BPH KSEI FORKEIS) pada 8 Agustus lalu, Walikota mengekspresikan niatnya untuk turut andil dalam acara ini.

Sikap dukungan tidak hanya datang dari Walikota Makassar. TEMILNAS juga mendapat dukungan sepenuhnya dari pihak kampus serta beberapa pemangku kepentingan, baik tingkat nasional maupun regional di Sulawesi Selatan. BPH KSEI FORKEIS pun merasa terhormat dan bersyukur atas dukungan ini.

“Dengan harapan, kegiatan ini dapat berjalan sukses dan memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan Ekonomi Syariah, menjadi lahan amal bagi semua pihak yang terlibat,” ucap Sahrul Gunawan, Direktur Eksekutif KSEI FORKEIS, pada Minggu (14/8).

TEMILNAS XXII 2023 membawa semangat kolaborasi dalam mengokohkan pemahaman Ekonomi Islam dan memperkuat posisi Indonesia sebagai pusat Ekonomi Islam dunia. Melalui beragam kegiatan berkelas, TEMILNAS akan menjadi platform yang menghubungkan ilmu dan praktik, menjembatani pemuda dan pemangku kebijakan, serta merangkul kerjasama lintas daerah.